Buka Puasa Evenciio

Pilihan Menu untuk Buka Puasa Bersama Keluarga di Apartemen Anda

Agar tidak bosan, Anda bisa memilih pilihan menu untuk buka puasa bersama keluarga di apartemen Anda. Ada beragam menu Nusantara yang bisa Anda jadikan menu buka puasa. Jika ingin menu yang tak biasa, pilihan menu dari berbagai negara ini bisa jadi referensi Anda.

Setiap negara di dunia memiliki makanan khas sendiri yang bisa jadi menu berbuka puasa Anda. Contohnya saja seperti nasi Briyani dari Pakistan, nasi Lemak dari Malaysia, atau Pide dari Turki. Sedangkan untuk mengetahui apa resepnya, mulai dari bahan dan cara membuatnya Anda bisa mencari informasinya melalui internet. Karena kini kita telah dimanjakan dengan teknologi yang canggih, informasi apa saja yang kita butuhkan tersedia banyak di internet. Ini juga menjadi salah satu cara bijak kita memanfaatkan kecanggihan teknologi.

Ada begitu banyak makanan khas dari berbagai negara, namun di sini kami menyajikan beberapa yang mungkin bisa Anda jadikan sebagai referensi menu buka puasa Anda dengan keluarga di apartemen tercinta. Karena berbuka puasa nggak harus selalu ke restoran, kenapa tidak membuatnya sendiri di apartemen, kan? Beberapa menu pilihan dari berbagai negara adalah sebagai berikut:

  1. Freekeh

Freekeh

Ini adalah makanan Timur Tengah yang terbuat dari gandum hijau panggang. Freekeh memiliki lebih banyak protein dan serat dua kali lebih banyak dibandingkan quinoa yang sempat menjadi tren sebagai makanan super (superfood) belakang ini. Freekeh ini adalah salah satu menu buka puasa khas orang orang Timur Tengah. Dan jika Anda ingin, Freekeh ini bisa Anda jadikan menu untuk berbuka puasa, agar tidak bosan dengan menu yang itu itu saja. Freekeh ini bisa jadi menu buka puasa yang sehat, betapa tidak. Freekeh penuh dengan protein, serat, vitamin dan mineral seperti kalsium, zat besi dan zinc. Dalam 100 gram freekeh berisi 14,9 gram protein, 12,9 gram serat, 31 mg zinc dan 370 mg kalsium. Menu freekeh ini cocok juga loh untuk Anda yang sedang menjalankan program diet, karena kandungan protein dan seratnya yang tinggi, sehingga saat Anda menyantapnya akan jadi kenyang lebih lama. Tertarik mencobanya?

  1. Samosa

Makanan ringan ini biasa ditemui di negara India, Pakistan, Nepal dan Bangladesh. Secara umum, Samosa terdiri dari cangkang kue segitiga dengan isian vegetarian yang terdiri dari kentang, bawang bombay, ketumbar dan kacang polong. Versi isian paneer dan daging juga cukup terkenal. Samosa ini semacam pastel yang berisi daging goreng atau panggang yang mungkin cukup mudah ditemui di Indonesia. Sekali kali Anda bisa sajikan Samosa sebagai menu buka puasa Anda. Karena ini juga termasuk makanan khas buka puasa di negara – negara yang telah disebutkan di atas.

  1. Jollof Rice

Jollof Rice ini adalah salah satu resep andalan bangsa Nigeria yang mirip dengan nasi goreng ala Indonesia. Mulanya resep ini berasal dari Gambia, kemudian menyebar ke beberapa negara di Afrika Tengah seperti Liberia, Nigeria dan Ghana. Rasa dari Jollof Rice ini agak masam, manis dan asin yang dihasilkan dari paduan tomat, peppeh (cabe) dan bumbu – bumbuan. Bumbu dari Jollof Rice ini terdiri dari saus tomat, bawang putih, bawang merah, bumbu kari, nutmeg, garam dan daun thyme. Cara memasaknya hampir sama dengan cara kita memasak nasi goreng.

  1. Pide

Makanan khas Turki ini mirip dengan pizza. Topping roti Pide ini sangat bervariasi sekali seperti menggunakan daging giling, sosis, telur dan lain – lain. Namun, yang paling populer menggunakan topping daging giling yang akan kita bagikan resepnya kali ini. Di Turki sendiri roti Pide ini hanya dijual pada saat bulan Ramadhan saja. Jadi, apakah Anda tertarik untuk menjadikan Pide khas Turki ini untuk menu buka puasa Anda dengan keluarga?

  1. Medames

Medames adalah makanan tradisional Mesir yang terbuat dari rebusan kacang lava disajikan dengan minyak, bawang putih dan air lemon. Medames ini adalah salah satu menu yang ada di saat Ramadhan. Medames biasanya dihidangkan untuk berbuka puasa. Menariknya, selain di restoran, makanan ini banyak ditemui di kaki lima dan merupakan salah satu foodstreet Mesir. Menurut sejarah, awalnya makanan ini dimasak dalam panci yang ditutup batubara panas atau pasir. Dalam perjalanannya makanan khas Mesir ini mempunyai banyak variasi dan cara pembuatan. Setiap keluarga mempunyai warisan resep yang berbeda. Medames dapat dinikmati dengan berbagai tambahan seperti mentega, saus tomat, telur dan pastrami. Tapi, metoda paling tradisional adalah memakannya dengan roti bun Mesir.

Jadi, dari lima makanan khas berbagai negara di atas. Mana yang jadi favorit Anda dan ingin Anda coba buat untuk menu buka puasa Bersama keluarga di apartemen? Apapun menunya, berbuka puasa terasa nikmat jika Bersama dengan orang orang terkasih ya. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *